Minggu, 06 Januari 2013

Balada definisi balada

Definisi 'balada', Indonesian to Indonesian  adalah sajak sederhana yg mengisahkan cerita rakyat yg mengharukan, kadang-kadang dinyanyikan, kadang-kadang berupa dialog (*source: KKBI3). Ada tiga unsur penting dari definisi balada yang saya tangkap, yaitu sebuah sajak sederhana, isinya mengharukan, bisa dinyanyikan atau berupa dialog. Lalu bagaimana dengan Balada oh Balada selama ini? Apakah balada-balada yang saya tulis bisa mewakili tiga unsur dari definisi balada itu? Saya sendiri bingung.. *berpikir sejenak..

Source : google

 Kita coba telaah dari definisi itu, balada yang saya tulis merupakan sajak yang sederhana, berarti bisa masuk kategori yang pertama, karena rasanya yang saya tulis simple saja. Mengenai isinya mengharukan, bagi saya setiap saya berhasil menuliskan balada, saya pribadi terharu. dan yang terakhir, bisa di nyanyikan atau berupa dialog. Nah untuk yang satu ini, rasanya balada saya tidak akan pernah bisa di nyanyikan, tp mungkin masih bisa berupa dialog. Jadi definisi balada menurut saya pribadi adalah sajak sederhana (*bisa juga berupa dialog) yang ketika saya berhasil menuliskannya membuat saya terharu.


Balada definisi balada...

Menyita waktumu
Untuk yang kesekian kalinya
Entah untuk apa..
Dan sekarang aku ingin lagi meminta
Sedikit waktumu
Untuk mengetahui arti balada ini menurutmu

1 komentar:

  1. Bagiku..baladamu adalah rangkaian kata yang harus selalu kuperbaiki.. mungkin hasil dari kemalasan atau ketidakpedulianmu.. Atau karena ingin memberiku tambahan pekerjaan? mungkin saja.. tapi entah kenapa..kemalasanmu adalah keasyikan tersendiri untukku.. Kutunggu baladamu Ayah.. :)

    BalasHapus